Home » , , » Calon Kapolri, Presiden Pertimbangkan Nama Lain

Calon Kapolri, Presiden Pertimbangkan Nama Lain

src="http://www.tribunnews.com/foto/bank/images/Nanan-Sukarna-Imam-Sudjarwo.jpg" alt="Presiden Pertimbangkan Nama Lain" width="286" height="392" />Staf Khusus Presiden SBY Bidang Hukum, Denny Indrayana memastikan, hingga kini Presiden masih mempertimbangkan figur terbaik dari yang terbaik yang akan diajukan ke DPR dalam hal ini Komisi III DPR.

Denny memastikan, masih ada waktu bagi Presiden untuk mempertimbangkan calon yang tepat. Dan siapa yang diajukan bisa dua nama yang kini ramai disebut atau malah berbeda.

"Beliau sedang mencari orang (Kapolri) yang pas. Dan itu, tentu membutuhkan waktu, karena masih ada waktu untuk itu. Sama dengan panglima TNI, insyaallah Selasa atau Rabu akan dilantik. Sementara Kapolri juga masih ada rentang waktu lebih dari satu bulan. Tapi, saya yakin akan ada percepatan untuk diajukan," kata Denny secara khusus kepada tribunnews, Sabtu (25/9/2010).

"Saya  tidak bisa memastikan, persisnya kapan akan diajukan. Karena hak prerogatif Presiden juga tidak berbicara, siapa orangnya, tapi kapan diajukan. Itu juga menjadi hak prerogatif," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Polisi Bambang Hendarso Danuri  sudah mengajukan dua nama kepada Presiden SBY sebagai penggantinya. Dua nama itu, masing-masing  Komjen Pol Nanan Soekarna dan Komjen Pol Imam Soejarwo. Denny kemudian menyatakan, secara teoritik, dua nama itu memang yang disampaikan.

"Akan tetapi,  undang-undang mengatakan tidak harus, Presiden harus memilih satu dari dua nama yang diajukan oleh Kapolri. Tidak ada perintah wajib oleh undang-undang, memilih dua nama itu ( Nanan Soekarna-Imam Soejarwo).  Jadi, siapa nantinya yang dipilih presiden, pastinya adalah yang memenuhi sarat undang-undang," Denny menegaskan.

Isu terkini, Kapolda Sumut Irjen Oegroseno juga dipersiapkan sebagai calon Kapolri yang sebelumnya akan dimutasi terlebih dahulu. Pangkat Irjen Oegroseno kemudian naik satu tinggat menjadi Komjen sehingga layak dicalonkan. Nama lain yang diisukan dipersiapkan adalah  Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Timur Pradopo.

(TRIBUN)
Written by: Paling Seru
Paling Seru, Updated at: 13.25

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.