Home » » Produsen BlackBerry Mau Dijual ke Samsung?

Produsen BlackBerry Mau Dijual ke Samsung?


BlackBerry Storm (Ist.)
Jakarta - Performa bisnis yang tak terlalu cemerlang dikabarkan mencuatkan pemikiran Research In Motion (RIM) untuk melego bisnis BlackBerry mereka. Kabar yang berhembus, RIM kini tengah menjajaki kemungkinan tersebut ke Samsung.

Menurut Boy Genius Report, sebuah sumber yang dekat dengan negosiasi ini menyebutkan bahwa co-CEO RIM Jim Balsillie tengah giat mengadakan pertemuan ke sejumlah perusahaan yang tertarik dengan produsen handset BlackBerry tersebut.

Hanya saja kemungkinan yang diambil tidak hanya penjualan seluruh aset bisnis RIM, namun juga bisa diambil secara terpisah alias beberapa lini bisnis BlackBerry saja.

Samsung pun disebut-sebut menjadi salah satu calon pembeli terkuat. Adapun yang dikabarkan dibidik adalah aset layanan chatting RIM, BlackBerry Messenger.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu dinilai sangat berpotensi dan dianggap butuh 'sihir' dari BBM. Hal ini tak lain untuk lebih membuatnya memiliki nilai jual yang lebih dibanding penggiat ponsel Android lainnya.

"Jim (Balsillie) kini tengah berupaya mengejar Samsung," ujar sumber tersebut.

Dari aksi penjualan yang dilakukan, RIM dikabarkan berharap mendapat dana segar lebih dari USD 10 miliar untuk seluruh asetnya. Ya, nilainya berkisar USD 12 - USD 15 miliar, atau sekitar USD 22,9 - USD 28,6 per lembar saham. Adapun capital market RIM sendiri saat ini diprediksi mencapai USD 8,5 miliar.

Sayang, hingga berita ini dirilis, kedua belah pihak -- baik Samsung atau RIM -- belum memberikan pernyataannya.

Sebelumnya, RIM juga dilaporkan akan mengambil langkah untuk melisensi software BlackBerry sehingga bisa dipakai vendor lain seperti Samsung dan HTC.

Kemungkinan itu disampaikan oleh Peter Misek dari lembaga pengamat pasar Jefferies & Company. Dia menyatakan bahwa sesuai dengan kabar yang beredar, Jim Balsillie dan Mike Lazaridis tidak akan menjabat lagi sebagai chairman di RIM dan digantikan Barbara Stymiest.

"Kami yakin dia (Barbara-red) akan menginisiasi review strategis, mungkin dengan memangkas biaya di bisnis hardware dan mengumumkan kemitraan tambahan," tulis Misek dalam catatan risetnya.

"Kami pikir hal ini sudah dimulai dengan RIM sepertinya akan melisensi BlackBerry 10 ke Samsung, HTC dan mungkin yang lain juga. Hal ini akan membantu menciptakan massa untuk ekosistemnya dan mempertahankan pendapatan bulanan layanan RIM," tambahnya.

Handset dengan OS BlackBerry 10 sendiri rencananya akan meluncur tahun ini. Software ini diharapkan dapat membangkitkan performa bisnis RIM yang belakangan terus anjlok.

sumber : http://www.detikinet.com/read/2012/01/18/082758/1818389/317/produsen-blackberry-mau-dijual-ke-samsung
Written by: Paling Seru
Paling Seru, Updated at: 01.44

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.