Home » » Anjuran minum 8 gelas air setiap hari hanya omong kosong?

Anjuran minum 8 gelas air setiap hari hanya omong kosong?



Anjuran minum 8 gelas air setiap hari hanya omong kosong?
Ilustrasi minum air. merdeka.com/krismbeal.com

Sumber Merdeka.com


Seorang praktisi medis menyatakan bahwa rekomendasi untuk minum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari adalah omong kosong.
Menurut GP Margaret McCartney, seperti dilansir oleh Time of India, tidak ada bukti konkret mengenai keuntungan dari meminum delapan gelas air setiap hari, dan pernyataan bahwa kita tidak cukup mengonsumsi air hanya mitos belaka.
Sementara NHS Choices berpendapat: "Minum sekitar enam hingga delapan gelas air (atau cairan lain) setiap hari bisa mencegah dehidrasi."
Menurut McCartney, rekomendasi air minum ini hanya dilakukan untuk keuntungan pihak-pihak tertentu. Seperti slogan "Mencukupi kebutuhan cairan untuk kesehatan" yang diciptakan oleh Danone, perusahaan makanan Prancis yang juga memproduksi air kemasan, termasuk Vovic dan Evian. Perusahaan ini menyarankan agar masyarakat mengonsumsi 1,5 sampai 2 liter air setiap hari sebagai langkah sederhana mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk menjaga kesehatan.
NHS juga mengklaim bahwa dehidrasi dalam skala ringan juga berperan dalam pengembangan berbagai penyakit. Namun MCartney tidak setuju, karena tak ada bukti yang kuat untuk mendukung pernyataan ini.
Sementara memang ada kondisi-kondisi yang membutuhkan konsumsi air dalam jumlah yang banyak, misalkan pada penderita batu ginjal. Namun dalam kondisi normal, kegunaan air minum untuk pencegahan penyakit masih diragukan oleh McCartney.
"Ada banyak organisasi yang memiliki kepentingan pribadi dengan menyuruh masyarakat mengonsumsi banyak air. Kami hanya harus mengatakan tidak," katanya.
Written by: Paling Seru
Paling Seru, Updated at: 23.38

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.